Latest News
Rabu, 21 Desember 2016

JJ Rizal: Membangun Jakarta Perlu Semangat Besar, Bukan Mulut Besar

BeritaIndependent.Com | Budayawan Betawi JJ Rizal mengatakan persoalan yang melanda Jakarta sejak lama adalah pengaruh dan kekuasaan oligarki dan korporasi.

Sehingga sebenarnya peran gubernur dan wakil gubernur tidak menentukan perkembangan Jakarta.

Pendapat itu disampaikan JJ Rizal dalam diskusi Membedah Jakarta yang digelar di Markas JakPAS  di Jalan Bonang No 1, Menteng, Jakarta Pusat, kemarin.

Terkait kepemimpinan era Ahok, Rizal menilai selama masa pemerintahan DKI Jakarta dipimpin Basuki Tjahaja Purnama penataan ibukota menjadi amburadul.

"Alih-alih ingin menata yang terjadi justru penyingkiran terhadap warga Jakarta," katanya.

Salah satu contoh yang ia soroti ialah rencana reklamasi di Pantai Utara Jakarta yang tak memiliki keuntungan untuk Jakarta.

Pembangunan reklamasi hanya bisa dimanfaatkan untuk kalangan menengah atas. Sementara untuk kalangan menengah bawah akan terus tergerus.

Rizal berpendapat bahwa membangun Jakarta,  tak perlu harus paham Jakarta.

"Contohnya mantan Gubernur DKI Jakarta Ali Sadikin yang tidak paham betul dengan kebudayaan Jakarta. Namun, Bang Ali mampu mendengarkan sejumlah omongan orang. Karena itu, penataan dan kebudayaan Jakarta terjadi. Bang Ali kemudian menjadi besar karena orang Jakarta yang begitu bangga," ucapnya.

Menurut Rizal, kondisi sekarang justru terbalik. Pasalnya, Gubernur Ahok enggan mendengarkan omongan orang.

"Mulutnya yang besar cenderung menimbulkan konflik. Karena itu masalah selalu muncul dimasa kepemimpinannya. Menurut saya membangun Jakarta perlu semangat besar, bukan mulut yang besar," tuturnya.

Lebih lanjut Rizal mengungkapkan selama di bawah kepemimpinan Ahok, keadilan masyarakat tak terjadi. Pemerataan kesejahteraan semakin tak seimbang.

Kemudian persoalan penataan, Rizal menilai semua menjadi amburadul karena beberapa kawasan menjadi tergusur. (R)

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Kirim Komentar Anda:

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Item Reviewed: JJ Rizal: Membangun Jakarta Perlu Semangat Besar, Bukan Mulut Besar Rating: 5 Reviewed By: Berita Independent