728x90 AdSpace

Latest News
Thursday, December 8, 2016

Diperkirakan Terus Bertambah, BNPB: Data Terbaru 102 Wafat Akibat Gempa Aceh


BeritaIndependent.Com | Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menetapkan data terbaru korban meninggal akibat gempa yang terjadi di Kabupaten Pidie Jaya, Aceh mencapai 102 orang. Kemungkinan jumlah korban jiwa masih terus bertambah.

"102 orang meninggal tersebar di tiga kabupaten, satu orang hilang, 136 luka berat, 616 orang luka ringan, dan 3.276 orang mengungsi," ujar Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas Sutopo Purwo Nugroho, di Kantor BNBP, Jakarta Timur, Kamis 8 Desember 2016.

Sutopo memperkirakan, jumlah tersebut akan terus bertambah karena masih ada korban yang tertimpa bangunan yang tersebar di beberapa titik. Apalagi terjadi sebanyak 36 kali gempa susulan.

Banyaknya jumlah masyarakat yang mengungsi dikarenakan rumah mereka mengalami kerusakan dan sebagian besar tidak mungkin lagi dihuni.

Upaya pencarian dan penyelamatan korban terus dilakukan secara intensif. Personel gabungan dari BNPB, BPBD, TNI, Tagana, Pusat Krisis Kesehatan, dan PMI dengan jumlah 1.456 orang pun saling bersinergi mengevakuasi korban yang masih tertimbun reruntuhan.

Namun dalam pencarian itu, Sutopo mengatakan, terdapat kendala yang membuat personel kesulitan untuk mengevakuasi korban, salah satunya kurangnya alat berat. Hal itu membuat tim penyelamat kesulitan menjangkau lokasi bangunan yang roboh.

"Kami mau melaksanakannya selama 24 jam tapi ada kendalanya kondisi gelap karena listrik padam di Pidie Jaya. Ditambah kemarin hujan lebat. Bencana gempa tidak bisa sembarangan, butuh perhatian yang khusus," terangnya. (rel/roy)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Diperkirakan Terus Bertambah, BNPB: Data Terbaru 102 Wafat Akibat Gempa Aceh Rating: 5 Reviewed By: Berita Independent