Latest News
Kamis, 01 Desember 2016

Ada Aksi 212, Kedubes AS Larang Warganya Keluar Rumah

BeritaIndependent.Com | Beberapa kedutaan besar asing di Jakarta, mengeluarkan imbauan untuk warganya menjelang aksi doa bersama pada 2 Desember besok. Perwakilan diplomatik yang mengeluarkan imbauan tersebut adalah Jepang, Amerika Serikat, Australia, Malaysia, Singapura dan Rusia.

Liburan natal Pergi.com bagi2 diskon Rp 100,000Kedubes AS di Jakarta menyebutkan, akan ada aksi doa bersama besar-besaran di Monas, kemungkinan di kota lain juga aksi serupa akan terjadi. Mereka juga menjelaskan TNI dan Polri akan dikerahkan untuk menjaga keamanan selama aksi tersebut berlangsung.

Kedubes AS menambahkan massa buruh juga akan turut melakukan kegiatan sama dan mereka kemudian bergerak menuju Istana Presiden. Mereka memperkirakan massa akan bertahan hingga sore hari.

Aksi damai ini akan menyebabkan Jalan Merdeka Selatan dan sekitarnya ditutup. Adanya penumpukkan imbas dari aksi damai ini kemudian membuat Kedubes AS mengimbau warganya untuk tidak keluar rumah jika tidak mendesak.

"Akibatnya, layanan konsuler di Jakarta akan ditutup pada Jumat 2 Desember. Namun layanan darurat bagi warga AS akan tersedia," ujar imbauan tertulis Kedubes AS di situs resmi mereka.

"Meskipun aksi damai ini dipersiapkan untuk berlangsung tenang, bisa saja berubah menjadi kekerasan. Ada kemungkinan bahwa kelompok ekstremis akan mengambil keuntungan dalam kegiatan aksi damai. Kami meminta warga AS untuk tetap waspada jika berada di sekitar tempat berkumpulnya massa atau lokasi ramai lainnya," tutur pihak Kedubes AS.

Kedubes AS juga memberikan kontak darurat melalui +62-21 34359000 dan tekan 0 untuk berbicara dengan operator. Pihak kedutaan juga digapai melalui email di jakartaacs@state.gov.

Hal senada juga dikeluarkan Kedutaan Besar Australia melalui smart traveller. Mereka meminta agar warga Negeri Kanguru yang ada di Indonesia tetap waspada.

"Perhatikan keadaan saat ingin bepergian di Jakarta khususnya pada 2 Desember. Level kewaspadaan tidak berubah. Kami mengimbau agar Anda untuk tetap waspada di seluruh wilayah Indonesia, termasuk Bali," ujar pihak Kedubes Australia.

Kedubes Rusia di Jakarta juga memperingatkan warganya untuk tetap waspada pada 2 Desember. Pada pengumuman di situs resmi kedubes, warga Rusia yang berada di Jakarta diperingatkan untuk hati-hati ketika melakukan kegiatan di tengah kota dan menghindari tempat-tempat ramai.

Negara tetangga, Singapura dan Malaysia turut mengeluarkan imbauan keamanan menjelang aksi damai ini. Pihak kedutaan melihat bahwa keamanan di Jakarta melakukan persiapan agar aksi damai ini berjalan tanpa ada gangguan.

"Warga Singapura yang berada di Indonesia pada 2 Desember disarankan untuk memonitor keadaan melalui media setempat demi mendapatkan perkembangan terbaru," demikian pengumuman pihak Kedubes Singapura di situs resminya.

Sementara itu, dari Kedubes Malaysia disebutkan semua warga Malaysia yang butuh bantuan konsuler, diminta untuk menghubungi Kedutaan Besar Malaysia di Jakarta melalui telepon +62 (21) 522 4947 atau +62 813 8081 3038 dan melalui email mwjakarta@kln.gov.my serta konsuler.jakarta@yahoo.com.

sumber: Merdeka




  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Kirim Komentar Anda:

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Item Reviewed: Ada Aksi 212, Kedubes AS Larang Warganya Keluar Rumah Rating: 5 Reviewed By: Berita Independent