Latest News
Rabu, 16 November 2016

Yogyakarta Kembali Digoyang Gempa

BeritaIndependent.Com | Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) kembali digoyang gempa, pada Selasa (15/11/2016) pukul 19.41. Goyangan gempa juga terasa ke sebagian wilayah Jawa Tengah.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika melaporkan gempa bumi tektonik mengguncang wilayah pesisir selatan Jawa Tengah dan Yogyakarta.

"Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi terjadi dengan kekuatan 4,7 Skala Richter," kata Kepala Bidang Informasi Gempa Bumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG Harry T Djatmiko lewat keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta.

Pusat gempa, kata dia, terletak pada koordinat 8,24 LS dan 109,28 BT, tepatnya di tepi utara cekungan busur muka Samudera Hindia pada jarak 64 kilometer arah tenggara kota Cilacap pada kedalaman 55 kilometer.

Dia mengatakan peta tingkat guncangan BMKG dirasakan di Cilacap, Kebumen, Purworejo, Wates, Bantul, Yogyakarta dan Madiun, dalam skala intensitas I SIG BMKG (II MMI).

"Menurut laporan, di daerah ini guncangan gempa bumi dirasakan dan mengejutkan oleh banyak orang," kata dia.

Sebelumnya, gempa bumi dengan kekuatan 5 Skala Richter pada Jumat (11/11/2016) pagi mengguncang zona selatan Yogyakarta dan Jawa Timur.

"Pusat gempa bumi terletak pada koordinat 9,19 LS dan 111,31 BT, tepatnya di laut pada jarak sekitar 113 km arah tenggara kota Pacitan, dengan kedalaman 62 km," kata Kepala Bagian Hubungan Masyarakat BMKG Hary Tirto Djatmiko.

Dia mengatakan peta tingkat guncangan BMKG menunjukkan dampak gempa bumi berupa guncangan cukup kuat dirasakan di sejumlah tempat. Di antaranya Bantul, Imogiri, Playen, Wonosari, Pasirombo, Pacitan, Tamperan, Kebonagung, Ngadirojo, Panggul, Munjungan, Tulungagung, Donomulyo dan Karangkates pada skala intensitas II SIG BMKG (III MMI). (antara)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Kirim Komentar Anda:

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Item Reviewed: Yogyakarta Kembali Digoyang Gempa Rating: 5 Reviewed By: Berita Independent