Latest News
Selasa, 08 November 2016

Diduga Sebagai Provokator, Pengurus HMI Pusat Diciduk Polisi

BeritaIndependent.Com | Pada dini hari tadi, Polisi menangkap mahasiswa bernama Ismail Ibrahim (23) yang diduga jadi perusuh saat aksi demo 4 November 2016. Tidak lama setelah itu, polisi mengamankan Sekretaris Jenderal Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Ami Jaya.

Kepada wartawan Wasekjen PB HMI Ilham Akbar membenarkan ihwal penangkapan ini. Ami dijemput polisi di Sekretariat PB HMI, Jalan Sultan Agung No 25A, Jakarta Selatan, sekitar pukul 00.00 WIB dini hari. Polisi datang dengan membawa surat penangkapan dan penggeledahan di gedung tersebut.

Menurut Ilham, polisi yang berjumlah lebih dari 10 orang tiba-tiba berniat membawa Ketua Umum PB HMI Mulyadi ke dalam mobil polisi.

"Setelah melakukan dialog, maka kami memberikan syarat Ami Jaya akan kami bawa ke polisi tanpa menggunakan kendaraan dari pihak kepolisian," ucapnya.

Kasubdit Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya AKBP Hendy F Kurniawan mengatakan, Ismail Ibrahim diduga ikut melakukan penyerangan terhadap aparat.

"Yang bersangkutan melakukan penyerangan kepada petugas karena ikut teman yang lain yang sudah melempari dan menyerang serta terprovokasi oleh kata-kata dari orator di atas mobil komando untuk tidak takut dan terus maju," kata Hendy seperti dikutip dari detikcom.

Dikabarkan, Ketua Umum PB HMI Mulyadi P Tamsir ikut mendampingi sekjennya saat dibawa menuju Polda Metro Jaya.

Ihwal penangkapan ini terkait dengan aksi 4 November 2016 lalu. Dalam aksi tersebut, HMI dituduh sebagai provokator.

Namun tuduhan tersebut sudah berkali-kali dibantah oleh HMI. Bantahan ini juga diperkuat oleh organisasi lainnya, Pelajar Islam Indonesia (PII) dan Ikatan Alumni Universitas Indonesia (ILUNI UI).

Sehubungan dengan tindakan polisi yang dinilai sewanang-wenang itu jajaran PB HMI langsung menyiapkan kuasa hukum untuk mendampingi para kader tersebut selama menjalani proses hukum.

"Selain sekjen ada empat kader lainnya yang ditangkap polisi. Kita lagi menyiapkan tim hukum agar bisa mendampingi. Kami malam ini masih dipersulit oleh penyidik untuk bisa masuk ke dalam," kata Wabendum PB HMI Tegar Putuhena  Selasa (8/11) dini hari.

Tegar beserta puluhan fungsionaris PB HMI saat ini berada di Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya. Tegar menyesalkan tindakan polisi yang menjemput paksa Sekjen HMI pada tengah malam. (R)

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Kirim Komentar Anda:

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Item Reviewed: Diduga Sebagai Provokator, Pengurus HMI Pusat Diciduk Polisi Rating: 5 Reviewed By: Berita Independent