728x90 AdSpace

Latest News
Friday, December 15, 2017

RI 1 Letakkan Batu Pertama Jalur Ganda Kereta Api Bogor-Sukabumi


BeritaIndependent.Com | Acara peletakan batu pertama pembangunan rel ganda itu dilakukan oleh Presiden Jokowi, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, dan Direktur Jenderal Perkeretaapian Zulfikri.(15/12/2017)

Jokowi berharap, pembangunan jalur ganda tersebut bisa selesai pada 2020 mendatang. Dengan demikian, masyarakat memiliki alternatif transportasi dan waktu tempuh Jakarta-Bogor-Sukabumi yang selama ini mencapai delapan jam bisa dikurangi.

"Saya harap dengan proyek ini ke depan berpotensi besar untuk Sukabumi, pariwisata dan agrobisnis,bisa dimaksimalkan. Karena kalau sampai Jakarta-Sukabumi delapan jam, tidak akan ada orang mau datang ke sini," kata Jokowi, saat pencanangan proyek tersebut di Sukabumi, pungkasnya.

Orang nomor satu di Indonesia ini juga mengatakan Jalur ganda kereta Lintas Bogor-Sukabumi dibangun untuk mengatasi kemacetan di jalur Jakarta- Bogor-Sukabumi. Pasalnya, kondisi jalan raya yang menghubungkan perlintasan tersebut cukup padat.

Untuk menempuh jarak Jakarta-Bogor-Sukabumi yang jaraknya 112 kilometer, waktu yang diperlukan lebih dari enam jam, padahal waktu normal yang harusnya dihabiskan untuk menempuh jarak tersebut hanya empat jam.

Saat ini, jalur Jakarta-Bogor-Sukabumi sebenarnya sudah terhubung kereta. Untuk Jakarta-Bogor sepanjang 55 kilometer sudah berjalur ganda dan menggunakan kereta listrik, sementara itu untuk lintas Bogor-Sukabumi, sepanjang 57 kilometer masih jalur tunggal.

Pembangunan rel kereta ganda ditujukan untuk meningkatkan mobilitas masyarakat dan pembangunan ekonomi di Sukabumi. Pemerintah melakukan pembangunan tahap pertama jalur ganda segmen Cigombong-Cicurug sepanjang tujuh kilometer.

Selain itu, segmen Bogor Paledang hingga Cicurug sepanjang 26,7 kilometer yang direncanakan selesai pada 2019. Kemudian untuk pembangunan rel ganda segmen Cicurug-Sukabumi sepanjang 30,5 kilometer ditargetkan selesai pada 2020.

Pagu Anggaran pembangunan jalur ganda KA lintas Bogor-Sukabumi berasal dai APBN sebesar Rp2,45 triliun yang dilaksanakan secara tahun jamak atau multiyears. Pada saat perayaan Idul Adha September lalu, Presiden menyampaikan bahwa lintasan rel ganda menghubungkan Bogor-Sukabumi akan dibangun. (Irwan)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: RI 1 Letakkan Batu Pertama Jalur Ganda Kereta Api Bogor-Sukabumi Rating: 5 Reviewed By: Berita Independent