728x90 AdSpace

Latest News
Friday, December 15, 2017

Jual Ginjal Demi Membangun Tanggul Di Demak



BeritaIndependent.Com | Beberapa hari lalu, Demak Jawa Tengah kembali di landa bencana alam. Dan banjir rob kali ini merupakan yang terparah dibanding sebelumnya. Namun sayangnya, meski banjir rob sudah berlangsung belasan tahun yang lalu, perhatian pemerintah belum juga terpusat mengatasi kondisi 12 desa yang terendam banjir rob tahunan tersebut.

Sebagai bentuk protes, warga memasang spanduk di sejumlah titik di jalur pantura dan di gerbang pintu masuk Demak yang berbatasan dengan Kota Semarang.

Bukan hanya itu, aksi protes terhadap ketidakpedulian Pemerintah atas permasalahan itu juga dilakukan Suharno (38th), warga Deda Sriwulam Kecamatan Sayung Demak, dengan berniat menjual ginjalnua untuk digunakan membangun tanggul.

“Kondisi seperti ini sudah puluhan tahun terjadi. Tapi kelihatannya pemerintah tutup mata, tidak segera diperbaiki. Dulu pernah pak Gankat Pranowo (Gubernur Jawa Tengah-Red) datang kesini, tapi nyatanya tidak ada perubahan. Tanggul jalan tetap rusak, yang ruas jalan lain malah di beton, tapi disini tidak sama sekali,” ujar bapak dua anak ini kepada BII, Kamis, (14/12)

Suharno mengakui, meakipun berasal dari kalangan ekonomi lemah, dia merasa terpanggil untuk ikut berperan membantu permasalahan daerahnya.

“Saya sudah meminta izin kepada istri dan anak-anak untuk menjual ginjal saya demi membiayai pembangunan tanggul disini. Dalam hal ini saya sangat serius. Jika ada warga atau siapa saja yang membutuhkan ginjal bisa langsung menghubungi saya atau datang ke rumah. Sebab waktu saya lebih banyak di rumah karena mengurusi tambak dan kadang ada pemancing ke sini. Jadi gampanglah untuk mencari  saya,” akunya.

Seperti diketahui, Desa Sriwulan merupakan salah satu wilayaj paling parah setiap kali terjadi gelombang laut pasang. Maka tidak heran jika niatan Suharno itu mendapat aprediasi sejumlah warga yang sama-sama menjadi korban banjir rob. Mereka menyatakan putus harapan karena pemerintah dianggap tutup mata atas kerusakan lingkubgan di pesisir  Demak. @irwan
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Jual Ginjal Demi Membangun Tanggul Di Demak Rating: 5 Reviewed By: Berita Independent