728x90 AdSpace

Latest News
Thursday, December 28, 2017

Inovasi Baru ala ANAK AGUNG GEDE KRISNA Lapas Cibinong Terapkan Uang Elektronik


BeritaIndependent.Com | Kesan penjara yang menyeramkan dan mengerikan begitu kuat melekat dalam benak masyarakat. Apalagi banyak film bergenre kekerasan dalam sel memperkuat brand tersebut.

Tapi bila anda mendatangi Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas II Pondok Razeq Cibinong, bisa jadi kesan itu berbeda.

Seperti kita ketahui, Lapas adalah tempat melakukan pembinaan terhadap narapidana. Jadi melihat fungsi lapas sebagai tempat untuk pembinaan inilah, Kalapas Klas II A Podok Razeq Cibinong, Anak Agung Gede Krisna melakukan sebuah inovasi dengan merubah suasana dalam lapas lain dari yang lain, yakni mendesain suasana didalam lapas menjadi familiar agar tidak terkesan menyeramkan.



"Kita sengaja mendesain lapas ini biar tidak lagi dianggap menyeramkan. Hal itu, agar Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) itu tidak merasa di perlakukan tidak manusiawi, karena mereka ini juga sama-sama punya hak," ungkapnya kepada BI di ruang kerjanya bebberapa waktu lalu

Dari pantauan BI saat berkunjung ke area Lapas, tampak berdiri bangunan persegi empat berlantai dua dipoles dengan warna abu-abu, di fungsikan sebagai ruangan pendaftaran kunjungan dan informasi. Dari mulai ruangan ini pengamanan lapas yang siap siaga sudah tampak terlihat.

“Untuk pengamanan lapas, kami melakukan berbagai macam inovasi berbasis tehnologi. Bisa Anda lihat mulai di P2U ( Pintu Penjaga Utama-red) di lengkapi dengan scanner 4D pengadaan dari ditjen pas untuk pemeriksaan barang bawaan pengunjung, dan di pasang juga puluhan CCTV (cloced circuit television) yang bisa di monitor secara on line. Untuk meminimalisir uang cash di blok hunian kami juga membuat uang elektronik. Jadi setiap warga binaan kami buat kan no rekening untuk menampung kiriman uang dari keluarga nya. Apabila warga binaan hendak membeli kebutuhannya di koperasi cukup dengan jari jempol nya, otomatis saldo di rekeningnya berkurang di sesuaikan dengan pembelian kebutuhan dia di koperasi, program ini hasil kerjasama dengan salah satu bank,” tutur Agung.

Dikatakannya, dengan suasana nyaman dan fasilitas yang tersedia di dalam lapas membuat para narapidana itu sudah seperti keluarga, sehingga mereka secara bersama melakukan semua kegiatan dengan tanpa masalah.

"Kami berharap masyarakat juga tidak perlu takut lagi datang ke lapas ini dan bagi petugas agar lebih profesional dalam bekerja untuk melayani para warga binaan pemasyarakatan (WBP) ini," tandasnya.

Lebih lanjut Agung menambahkan, demi menghindari terjadinya peredaran narkotika yang dikendalikan dari dalam lapas, pihak nya juga terus melakukan razia rutin, “Ini juga dalam rangka mendukung program bebas HALINAR yakni handphone, pungli, narkoba di dalam lapas,” tegaanya mengakhiri. @richard
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Inovasi Baru ala ANAK AGUNG GEDE KRISNA Lapas Cibinong Terapkan Uang Elektronik Rating: 5 Reviewed By: Berita Independent