728x90 AdSpace

Latest News
Sunday, November 5, 2017

PKB: Banyak Kades yang Ketakutan Menerima Dana Desa


BeritaIndependent.Com |
Sekjen Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) H Abdul Kadir Karding berharap agar para kepala desa (Kades) tidak lagi ketakutan terhadap anggaran dana desa. Mengingat selama ini banyak Kades yang takut dan akhirnya mengembalikan dana desa yang begitu besar.

“Jika para Kades tidak berani mengelola dana desa, maka upaya pemerintah untuk mensejahterakan masyarakat tidak akan tercapai,” katanya di hadapan para Kades di Kabupaten Purworejo, Minggu (5/11/2017).

Kehadiran Ketua Fraksi PKB DPR RI ini sekaligus sosialisasi Pancasila,  NKRI, UUD RI tahun 1945, dan Bineka Tunggal Ika.

Disamping mensosialisasikan dana desa yang seharusnya untuk kesejahteraan masyarakat, namun dalam praktiknya banyak Kades yang ketakutan menerima dana itu, yang berpotensi bersinggungan dengan masalah hukum.

“Saya paham akan ketakutan para Kades, tidak ada niatan untuk menyelewengkan anggaran, namun karena keterbatasan SDM di bidang administrasi, sehingga takut salah dan berimplikasi terhadap hukum. Apalagi dana desa nilainya cukup besar,” tandasnya, dikutip dari KR, hari ini.

Sebenarnya menurut Abdul Kadir Karding, untuk menghindari kesalahan itu pihak Kades harus memiliki pendamping. Libatkan semua unsur, termasuk Babinkamtibmas. Penegak hukum, termasuk  polisi diminta juga tidak mencari-cari kesalahan.

“Sepanjang kesalahan itu tidak ada kesengajaan dan hanya masalah administrasi, mestinya bisa dilakukan pendampingan, atau paling tidak mengedepankan pencegahan,” tandasnya.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: PKB: Banyak Kades yang Ketakutan Menerima Dana Desa Rating: 5 Reviewed By: Berita Independent