728x90 AdSpace

Latest News
Sunday, November 5, 2017

LKPI: Jika Pilgub Jatim Digelar Sekarang, La Nyalla Unggul


BeritaIndependent.Com |
Lembaga Kajian Pemilu Indonesia (LKPI) menggelar survei dalam menyambut Pemilihan Gubernur Jawa Timur 2018.

Nama Ketua Kadin Jatim La Nyalla Mattalitti kembali unggul dibanding dua kandidat lain yakni Saifullah Yusuf yang resmi diusung PDI Perjuangan dan Partai Kebangkitan Bangsa, serta Khofifah Indar Parawansa yang diusung Partai Nasdem, Partai Persatuan Pembangunan, Partai Golkar, dan Partai Hanura.

"Secara mengejutkan memang La Nyalla lagi-lagi unggul dibanding Gus Ipul dan Khofifah. Ia adalah satu-satunya calon yang menjadi alternatif pilihan warga Jawa Timur meski ia sendiri belum diusung oleh partai politik yang punya hak mengusung dan memiliki jumlah kursi di DPRD Jatim, seperti Gerindra, PAN, PKS, Demokrat," jelas Direktur Eksekutif LKPI Arief Nur Cahyono kepada wartawan, Minggu (5/11).

Temuan lain, dari 78,3 persen responden ternyata mempercayai bahwa pengusungan Gus Ipul oleh PDIP dan PKB, serta Khofifah Indar Parawansa oleh Nasdem. Sementara, Golkar dan PPP akan tetap condong ke pemerintahan Jokowi-JK yang nyata-nyata sudah diusung PDIP, PKB, Nasdem, Golkar, dan PPP.

"Sementara 76,9 persen responden beropini bahwa partai besutan SBY hanya sebagai penyeimbang dalam perolehan suara pilpres di tahun 2019 jika terjadi rematch antara Joko Widodo versus Prabowo Subianto," beber Arief.

Opini masyarakat sangat jelas bahwa Joko Widodo dan parpol pendukungnya sudah siap untuk menghabisi simpatisan Prabowo dan pendukungnya di Jatim.

"Sedangkan 89,3 persen responden menilai La Nyalla lebih dianggap sebagai tokoh yang mewakili Prabowo Subianto dan Susilo Bambang Yudhoyono, serta mewakili parpol non pemerintah di Jawa Timur. Apalagi La Nyalla adalah tokoh Jawa Timur yang bisa menyaingi Saifullah Yusuf dan Khofifah Indar Parawansa," tutur Arief.

Survei juga mendapati bahwa 76,3 persen responden menyatakan suara warga Nahdliyin di Jatim akan terpecah pada tiga tokoh, yaitu Khofifah, Gus Ipul dan La Nyalla. Sementara, suara nasionalis yang diwakili PDIP, Golkar, Nasdem, Gerindra, Demokrat, dan Partai Amanat Nasional akan lebih cenderung memilih La Nyalla.

Ketika responden ditanya siapa yang akan dipilih jika Pilgub Jatim dilaksanakan hari ini dari ketiga tokoh tersebut, hasil survei menemukan jawaban dari 900 responden di mana sebanyak 33,7 persen memilih La Nyalla. Kemudian sekitar 18,3 persen memilih Khofifah, dan 16,8 persen memilih Gus Ipul.

"Sementara 31,2 persen belum menentukan pilihannya," demikian Arief.

Dalam pelaksanaan survei kali ini, LKPI menggunakan responden sebanyak 900 warga Jatim yang pada Juni 2018 terdaftar sebagai pemilih saat berlangsungnya pemungutan suara di 38 kota/kabupaten.

Menggunakan metode sampel acak berjenjang secara proposional antara total DPT sebagai populasi jumlah responden, dengan tingkat kepercayaan 95 persen dan tingkat ksealahan 3,3 persen. Survei dilaksanakan pada 20-30 Oktober 2017.

Sumber: RMOL



  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: LKPI: Jika Pilgub Jatim Digelar Sekarang, La Nyalla Unggul Rating: 5 Reviewed By: Berita Independent