728x90 AdSpace

Latest News
Wednesday, November 8, 2017

Eksploitasi WhatsApp Bisa Ungkap Seberapa Banyak Anda Tidur


Anda harus lebih baik bertindak ekstra hati-hati saat menggunakan WhatsApp saat ini. Ternyata messenger milik Facebook itu  bisa dimanfaatkan untuk memata-matai pola tidur Anda  dan mencari tahu kapan tepatnya Anda tidur dan bangun.

Yang sangat mengganggu adalah bahwa hampir semua orang dengan sedikit pemahaman teknis dan laptop cadangan dapat menyalahgunakan kekurangan ini.

Masalahnya berasal dari fitur status online dan dilihat terakhir WhatsApp yang memungkinkan untuk terus-menerus memeriksa kontak Anda untuk terakhir kalinya mereka online.

Namun, bagian terburuknya adalah tidak ada yang bisa Anda lakukan untuk menghentikan penyerang atau pemantau aktivitas Anda.

Sementara WhatsApp memiliki opsi untuk menampilkan status terakhir yang Anda lihat kepada semua orang, hanya kontak Anda, atau tidak ada orang, tidak ada cara untuk menonaktifkan fitur status online yang mengungkapkan bahwa Anda aktif menggunakan layanan ini.

Ini mungkin tampak agak tidak berbahaya, namun mencatat semua data ini untuk analisis selanjutnya dapat mengungkapkan sedikit tentang cara Anda menghabiskan waktu - dan terutama kapan dan seberapa besar Anda tidur. Dan inilah yang dilakukan pengembang akal.

Penemuan itu berasal dari insinyur perangkat lunak Rob Heaton, yang telah membuat temuan terkait keamanan serupa lainnya di masa lalu.

Untuk menunjukkan bagaimana data ini dapat disalahgunakan untuk tujuan jahat, peneliti membayangkan skenario di mana dia membuat ekstensi Chrome dengan tujuan tunggal untuk menonton dan merekam aktivitas online kontak WhatsApp-nya menggunakan aplikasi berbasis web dari layanan.

Hal ini memungkinkan untuk menebak saat seseorang terbangun dan pergi tidur serta berapa banyak tidur yang mereka dapatkan.

Hal-hal menjadi jauh lebih spookier ketika Anda referensi silang pola aktivitas online satu orang dengan orang lain.

Tumpang tindih data beberapa orang dapat memungkinkan untuk mengetahui apakah kontak Anda saling berbicara.

Misalnya, jika seseorang online untuk menurunkan satu baris ke salah satu kontak mereka, kontak tersebut kemungkinan akan muncul secara online untuk merespons; Setelah ini mulai berubah menjadi sebuah pola, menjadi mungkin untuk membandingkan aktivitas online ini untuk mengetahui seberapa besar kemungkinan kedua orang tersebut dalam percakapan satu sama lain.


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Eksploitasi WhatsApp Bisa Ungkap Seberapa Banyak Anda Tidur Rating: 5 Reviewed By: Berita Independent