728x90 AdSpace

Latest News
Sunday, October 22, 2017

BPOM: Banyak Obat Dijual Online tidak Memiliki Izin Edar


BeritaIndependent.Com |
Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mengingatkan kepada masyarakat agar berhati-hati jika membeli obat melalui situs belanja online (daring).

Himbauan tersebut disampaikan Kepala Balai Besar POM Jakarta, Dewi Prawitasari saat menghadiri Aksi nasional Pemberantasan Obat Ilegal dan Penyalahgunaan Obat diperayaan hari bebas kendaraan atau car free day (CFD) di Jalan M.H Thamrin-Jend Sudirman, Jakarta Pusat, pada Minggu (22/10).

Dewi menjelaskan mayoritas obat yang dijual secara online tidak memiliki izin edar dari BPOM.

"Sebagian besar (obat) yang (dijual) di online itu tidak terdaftar (di BPOM). Memang harganya jadi lebih murah, tapi itu tidak terdaftar. Apalagi obat. Itu berbahaya sekali," kata dia.

Dewi menegaskan setiap  produk yang tidak memiliki izin edar dari BPOM, maka tidak terjamin keamanan dan kualitasnya. Produk tersebut rentan menggunakan bahan kimia yang berbahaya jika dikonsumsi tubuh.Untuk itu Dewi menghimbau agar masyarakat tidak membeli obat di sembarang tempat, apalagi tak berizin.

Sebelumnya, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menemukan 302 laman internet yang menjual obat, obat tradisional, suplemen kesehatan, kosmetika, serta pangan palsu.

"Kami telah mengajukan usulan kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk memblokir website-website ini dan sampai saat ini, Kemkominfo telah memblokir 287 website," kata Kepala BPOM Roy Sparringa dalam jumpa pers di Jakarta.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: BPOM: Banyak Obat Dijual Online tidak Memiliki Izin Edar Rating: 5 Reviewed By: Berita Independent