Booking.com
Breaking News
recent

Tanggap Bencana, Mahasiswa Muhammadiyah Sesalkan Pemerintah Abai Merawat Alam

BeritaIndependent.Com | Dewan Pimpinan Daerah Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (DPD IMM) Jawa Barat menyesalkan sikap pemerintah yang abai dalam merawat kekayaan alam Indonesia. Tragedi bencana yang terjadi di beberapa titik wilayah Indonesia merupakan bukti pemerintah hanya bisa mengeruk kekayaan alam, namun lemah kepedulian sehingga jatuhnya korban bencana.

Ketua Bidang Hikmah DPD IMM Jawa Barat, Zaki Nugraha mengatakan, perawatan alam di Indonesia perlu menjadi perhatian serius bagi pemerintah menyusul adanya bencana banjir dan tanah longsor yang terjadi di wilayah Jawa Barat ini.

"Karena banjir kali ini tidak hanya disebabkan oleh hujan deras yang mengguyur Garut, namun banyaknya alih fungsi lahan yang terjadi di hulu Sungai Cimanuk," ujar Zaki seperti dirilis laman Muhammadiyah.or.id, hari ini.

Zaki pun menegaskan, diperlukan penindakan secara tegas bagi siapapun yang mengeksploitasi alam dengan seenaknya tanpa mengikuti aturan yang berlaku. Itu, kata dia, juga harus menjadi perhatian khusus bagi semua pihak terutama pemerintah daerah baik Pemerintah Provinsi Jawa Barat maupun Pemerintah Kabupaten Garut dan Pemerintah Kabupaten Sumedang.

"Jangan pada akhirnya, yang menjadi korban rakyat kecil yang tidak berdosa akibat pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab," tutur aktivis Jawa Barat itu.

Bencana ini, ujar Zaki, harus menjadi pelajaran bagi daerah-daerah lain yang rawan bencana. Terutama untuk melakukan pencegahan bencana dengan serius. Termasuk di dalamnya, melakukan upaya mengedukasi masyarakat agar selalu siaga terhadap bencana alam.

"Reboisasi perlu dilakukan dengan optimal," kata dia ihwal cara merawat alam dengan sebaik mungkin.

Zaki memberitahukan, untuk membantu korban bencana di Garut dan Sumedang, DPD IMM Jawa Barat pun telah menyerukan kepada kader IMM se-Jawa Barat untuk menggalang bantuan dana. Dan dana itu pun disalurkan kepada posko bencana Muhammadiyah. Tak hanya itu, kader IMM Jawa Barat pun turut turun dalam melakukan kegiatan psikososial dan kerja kerelawanan lainnya.

Editor : Umi Khalsum
Sumber : Muhammadiyah.or.id

No comments:

Kirim Komentar Anda:

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

Powered by Blogger.
loading...
loading...