Booking.com
Breaking News
recent

"Ya Ahlal Wathon" Lagu Ciptaan Pendiri NU akan Jadi Lagu Perjuangan Nasional

BeritaIndependent.Com | Lagu ciptaan KH Wahab Chasbullah ulama dan pendiri organisasi NU (Nahdlatul Ulama)  akan dijadikan lagu perjuangan nasional. Lagu yang diciptakan jauh sebelum Indonesia merdeka itu berjudul 'Ya Ahlal Wathon'. Isinya tentang rasa cinta tanah air. Tentang kebangsaan.

Demikian hal tersebut disampaikan Menteri Sosial (Mensos) Khofifah Indar Parawansa, usai menghadiri haul ke-45 KH Wahab Chasbullah di PPBU (Pondok Pesantren Bahrul Ulum) Tambakberas Jombang, Sabtu (13/8) malam.

Menurut Khpfifah, Lagu ciptaan Kiai Wahab ini pertama ditulis tahun 1919. Lagu itu bangunan semangat kebangsaannya sangat luar biasa.

"Kita sudah usulkan untuk menjadi lagu perjuangan nasional," katanya.

Khofifah mengatakan, pihaknya juga sudah menemuai keluarga Kiai Wahab guna mendapatkan persetujuan untuk menjadikan syair cinta tanah air itu menjadi lagu perjuangan nasional. Selanjutnya, lagu tersebut akan diresmikan pada November 2016 atau tepat peringatan Hari Pahlawan.

Dari persetujuan keluarga itu perlu dilakukan. Alasannya, karena tim dari Mensos akan mengubah beberapa bagian lagu tersebut. Semisal, syair yang berbahasa arab akan diterjemahkan menjadi bahasa Indonesia.

Selanjutnya, imbuh Khofifah, kita akan mengkomunikasikan dengan Mendikbud. Kemudian, lagu tersebut kita luncurkan pada peringatan Hari Pahlawan 10 November 2016. Ini sekaligus untuk menambah perbendaharaan lagu perjuangan nasional.

(Yusuf)

No comments:

Kirim Komentar Anda:

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

Powered by Blogger.
loading...
loading...