Breaking News
recent

PBNU: Mau Takbiran Keliling, Silahkan!!

BeritaIndependent.Com | Imam Besar PBNU Said Aqil Siroj mengatakan takbiran pada malam menjelang 1 Syawal 1437 Hijriyah boleh saja asalkan dilandasi niat untuk syiar agama islam.

"Mau takbir keliling, silahkan! Takbir keliling baik-baik saja asalkan tertib dan betul-betul niatnya untuk syiarkan agama islam," tegas Kang Said usai konferensi di Jakarta, pada Senin malam.

Menurut Kang Said, takbiran keliling merupakan bagian dari tradisi dan budaya Islam Nusantara. Dan bila dilakukan untuk syiar islam itu sungguh mulia.

Pesan Kang Said agar umat islam yang ingin melakukan takbir keliling agar menjaga ketertiban dan taat mematuhi aturan lalu lintas. Jangan sampai niat yang baik itu tercoreng oleh perilaku yang tidak baik.

Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menetapkan awal bulan Syawal 1437 Hijriyah atau awal Lebaran pada Rabu, 6 Juli 2016.

Menurut Sekretaris Lembaga Falakiyah PBNU Shohibul Faroji  penentuan itu ditetapkan setelah Tim Rukyatul Hilal/Lembaga Falakiyah PBNU melakukan rukyatul hilal di 42 lokasi di Indonesia.

"Tim pada Senin 4 Juli 2016 atau 29 Ramadhan 1437 H telah melakukan rukyatul hilal bil fi'li di beberapa lokasi rukyat yang telah ditentukan dan tidak berhasil melihat hilal. Dengan demikian umum bulan Ramadhan adalah 30 hari," ujar Shohibul.

PBNU mengimbau warga NU dan umat islam pada umumnya agar menyempurnakan ibadah puasa 30 hari dan berhari raya pada Rabu 6 Juli 2016.

"Kami sampaikan selamat merayakan Idul Fitri 1 Syawal 1437 Hijriyah dengan penuh suka cita. Mohon maaf lahir batin," ujar Shohibul.

Umi Khalsum

No comments:

Kirim Komentar Anda:

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

Powered by Blogger.