Booking.com
Breaking News
recent

KPK Tolak Wacana Menteri Luhut Bebaskan Koruptor dari Penjara

BeritaIndependent.Com |  Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dengan tegas menolak wacana mantan Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Luhut Binsar Pandjaitan yang menginginkan para koruptor tidak usah lagi dipenjarakan.

“Saya tidak setuju dengan wacana tersebut. Di mana-mana di dunia ini semua hukuman korupsi itu adalah penjara, denda, ganti rugi dan mengembalikan uang yang dikorupsi,” ujar Wakil Ketua KPK Laode Muhammad Syarif - hari ini.

Sebelumnya, mantan Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Luhut Pandjaitan mengatakan saat ini Pemerintah sedang mengkaji kebijakan untuk tidak memenjarakan terpidana korupsi.

Kebijakan ini diambil dengan alasan bahwa para koruptor dinilai tidak akan merasakan efek jera ketika dibui, sehingga hukuman alternatif kemudian dirancang.

Baca juga: Dengan Alasan Penjara Bisa Penuh, Pemerintah Kaji Kebijakan tidak Penjarakan Koruptor

Menurut Wakil Ketua KPK Laode Muhammad Syarif sebaiknya koruptor tetap dipidanakan sebagaimana ketentuan saat ini. Bahkan, katanya, orangnya perlu dipenjara, asetnya di rampas. Dan kalau penjara dihilangkan, efek jeranya akan berkurang karena hanya pengembalian kerugian negara serta akan mengaburkan batas pidana dan perdata.

Bahkan menurut Laode, ada upaya KPK untuk memiskinkan para penjahat kerah putih ini melalui Undang-undang Tindak Pidana Pencucian Uang (UU TPPU).

“Hal itu, bisa dijangkau dengan TPPU jika unsurnya terpenuhi,” katanya.

(Udin Labo)

No comments:

Kirim Komentar Anda:

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

Powered by Blogger.
loading...
loading...