Booking.com
Breaking News
recent

Exlusive: Menaker Tangkap Pekerja Asal Tiongkok

BeritaIndependent.Com | Sebuah vidio yang tayang di you tube tentang Menaker Hanif Dhakiri CIDUK TKA Ilegal Pertambangan Batubara, Banjarmasin menjadi perhatian publik.

Terlebih hal ini dilakukan ditengah isu membanjirnya buruh Cina di Indonesia, perbincangan ini menjadi hangat dalam satu pekan terakhir.

Terkait maraknya pekerja imigran gelap asal Cina ini pun mendapat sorotan tajam  Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon. Dia menilai, isu buruh asal Cina merupakan isu sensitif yang harus disikapi secara hati-hati pemerintah.

Menurut Fadli, Indonesia punya problem sejarah terkait konflik etnis yang melibatkan etnis Cina, baik pada masa kolonial maupun sesudah kemerdekaan. Itu sebabnya, isu mengenai buruh asing asal Cina merupakan isu sensitif. ''Pemerintah tidak boleh menggampangkan isu ini menjadi semata-mata soal angka atau ekonomi,'' kata Fadli Zon, dalam keterangan persnya, Ahad (17/7).

Fadli menyebutkan, ada tiga alasan kenapa soal tenaga kerja asing asal Cina ini harus diperhatikan pemerintah sehingga tidak bisa lagi dianggap sebagai isu perburuhan semata. Melainkan telah menjadi isu sosial, politik, dan keamanan.

Dalam sejarah, lanjut dia, Indonesia punya pengalaman konflik etnis yang tidak menyenangkan yang kemudian menjadi luka kolektif bangsa. Karena itu, dia tidak ingin soal buruh asing ini akan mengusik kembali konflik dan luka lama itu.

Selanjutnya, isu mengenai buruh asing asal Cina ini muncul ketika perekonomian nasional sedang tidak baik. Angka ketimpangan ekonomi juga sedang buruk-buruknya, dimana indeks gini rasio mencapai 0,45, yang merupakan angka terburuk sepanjang sejarah.

"Pemerintah mestinya sensitif mengenai hal ini. Jangan sampai pemerintah dianggap sebagai telah merampas kesempatan kerja bagi rakyatnya sendiri,'' kata dia.

Terakhir, Fadli, yang merupakan Wakil Ketua Umum Gerindra itu menyatakan, RRC saat ini sedang menjadi sorotan dunia, terutama dalam persoalan konflik Laut Cina Selatan. Karena itu, Indonesia perlu menempatkan isu buruh asal Cina ini dalam konteks geopolitik dan geoekonomi juga.

"Agar jangan sampai mengorbankan kepentingan nasional atau kepentingan strategis Indonesia," jelas Fadli seperti disitat ROL, sesaat yang lalu.

Berikut vidio razia dan penangkapan Pekerja asal Tiongkok oleh Menaker:








(dea)


No comments:

Kirim Komentar Anda:

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

Powered by Blogger.