Booking.com
Breaking News
recent

Teladani Rasulullah, Kunci Muslim Rahmatan lil ‘Alamin

Siapa itu Rasulullah? Beliau disebut-sebut sebagai teladan bagi Muslim. Sosok yang patut dicontoh dan diikuti. Namun tidak semua Muslim meneladani hidupnya. Umat Muslim terkadang “silau” dengan segala kemuliaannya, sehingga merasa berat untuk berkaca pada perjuangannya. Hal tersebut disampaikan oleh Ustadz Salim A. Fillah, kala mengisi Talkshow Inspirasi Ramadhan (Irama).

Salim mengatakan, Muslim kadang terlampau terpesona dengan kepribadian Nabi Muhammad sehingga enggan mencontohnya. Padahal itu adalah cara untuk menjadi Muslim yang rahmatan lil alamin.

“Kalaupun kurang dapat meneladani Rasulullah, contohlah sahabatnya,” ujar penulis buku Islami asal Yogyakarta tersebut.

Sahabat-sahabat terdekat Rasulullah sendiri termasuk ke dalam empat khalifah Khulafaur Rasyidin. Mereka adalah Abu Bakar ash-Shiddiq, Umar bin Khattab, Utsman bin Affan, dan Ali bin Abi Thalib. Meski tergolong ke dalam orang-orang yang dijamin masuk surga, mereka tetap memiliki karakter tersendiri layaknya orang biasa. Mereka mampu menjadikan karakter mereka sebagai alat berjuang di jalan Islam.

Misalnya Abu Bakar, yang bersifat lembut namun tetap mampu mengendalikan amarahnya. Umar bin Khattab, yang kuat dan tegas tapi penyayang. Utsman bin Affan, memiliki karakter pemalu tapi juga sukses sebagai seorang pedagang. Atau Ali bin Abi Thalib, yang cerdas dan penyabar.

Irama sendiri merupakan salah satu rangkaian kegiatan Ramadhan di Masjid Salman ITB. Talkshow inspiratif ini dilangsungkan tiap usai waktu Ashar, di Ruang Utama Masjid Salman. Pembicaranya merupakan tokoh-tokoh nasional maupun internasional, yang akan berbagi pandangan soal Islam dan dunia dengan jemaah.

(Masjid Salman ITB)

No comments:

Kirim Komentar Anda:

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

Powered by Blogger.
loading...
loading...