Booking.com
Breaking News
recent

Kecewa Punya Pemimpin Arogan, Warga KebonJeruk Usung Risma Maju Pilkada DKI Jakarta

BeritaIndependent.Com | Pemilihan Gubernur DKI Jakarta pada 2017 dipredisi akan berlangsung panas. Bergabungnya Golkar dalam barisan parpol pendukung Petahana Basuki Tjahaja Purnama, telah mendorong warga mengusung kandidat terbaik yang dianggap layak memimpin Jakarta, salah satunya Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini.

Warga yang tak puas dengan kepemimpinan Ahok, kemarin mendeklarasikan dukungan kepada Tri Rismaharini di Kampung Guji Baru RT 04 RW 02, Kelurahan Duri Kepala, Kecamatan Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Warga pendukung Risma ini menamakan dirinya Baris, Barisan Risma.

Koordinator Baris Jakarta Barat Deni Riyanto mengatakan, munculnya nama Risma dilatarbelakangi mulai lupanya pemimpin DKI saat ini atas kontrak politik yang dibuat oleh Joko Widodo saat menjadi Gubernur DKI Jakarta.

Deni mengingatkan kembali kontrak politik Jakarta Baru yaitu Jakarta yang pro rakyat miskin, berbasis pelayanan, dan partisipasi warga. Janji itu dinilai hilang kini.

"Kami tidak mau mempunyai pemimpin yang arogan," kata Deni saat deklarasi di Kampung Guji Baru RT 04 RW 02 Kelurahan Duri Kepa, Kecamatan Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Jumat, 24 Juni 2016.

Deni mengatakan Risma adalah sosok alternatif yang mengedepankan rasa kemanusiaan dan musyawarah. Dari sosok Risma gerakan ini mengharapkan tak ada lagi penggusuran, penertiban pedagang kaki lima yang berlebihan, penggunaan aparatur yang berlebihan.

"Ini sangat meresahkan dan menakutkan warga sendiri," ujar ketua RT 04 Kampung Guji Baru ini.

Warga Guji adalah pendukung Joko Widodo saat pemilihan gubernur 2012-2017. Namun, di bawah Gubernur Ahok, janji Jakarta Baru, kata dia, jauh dari kenyataan.

Deklarasi ini, kata Deni, merupakan perdana. Ini, kata dia, merupakan awal untuk menggerakkan kesadaran masyarakat berpolitik.

"Kita menginginkan sesuatu yang damai yang tenteram tidak ada lagi kekerasan," kata dia.

Guna memuluskan dukungan ini, Koordinator Baris Deni Riyanto memastikan mereka segera akan menemui Risma di Surabaya.

"Pasti, setelah deklarasi lima kota," kata Deni. Setelah deklarasi hari ini, kata dia, Baris akan berkeliling lima wilayah kota Jakarta. Setelah itu dia mengaku akan mendelegasikan beberapa kawan untuk berdialog dengan Risma.

"Inilah kemauan warga Jakarta pada Ibu Risma untuk memimpin," kata dia. Yang penting, kata dia, ada alternatif lain untuk calon gubernur pada pemilihan kepala daerah DKI 2017.

Jika Risma menolak, Baris, kata dia, akan menuntut kepada partai yang dianggap bertanggungjawab sebagai pengapresiasi kemauan masyarakat kecil. "Kami akan mendukung total jika Ibu Risma mengatakan, iya," kata dia.

Deni mengatakan deklarasi ini belum diketahui Risma. "Ibu Risma tidak tahu," kata dia. Semoga, dia berharap, Ibu risma tahu dan mendengar bahwa ada masyarakat Jakarta yang menginginkannya sebagai calon gubernur DKI Jakarta.

Editor : Umar Yudha
Sumber : Tempo

No comments:

Kirim Komentar Anda:

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

Powered by Blogger.