Booking.com
Breaking News
recent

Hindari Penipuan, BI Himbau Warga Tidak Mengunakan Jasa Penukaran Uang Liar

BeritaIndependent.Com | Setiap tahun, kebutuhan likuiditas menjelang Ramadhan dan Idul Fitri memang selalu meningkat. Hal itu mendorong masyarakat untuk mengadakan bisnis penukaran uang di luar bank.

Karena itu, Bank Indonesia (BI) mengimbau agar masyarakat lebih waspada terhadap risiko  meningkatnya peredaran uang palsu. BI sendiri berperang dengan uang yang banyak ditawarkan orang di pinggir jalan.

“Daripada ada risiko uang palsu atau jumlah uangnya tidak sesuai dengan yang ditukarkan, lebih aman tukar saja di bank, BI, atau mobil kas keliling milik bank,” kata Deputi Kepala Perwakilan BI Jawa Timur (Jatim) Syarifuddin Bassara.

Menurut dia, edukasi tentang uang asli sangat penting. Tujuannya, masyarakat tidak tertipu dengan jasa penukaran uang yang tidak resmi (liar). BI sendiri, selalu menjaga agar uang yang dikeluarkan tidak mudah ditiru secara ilegal.

Setiap lima tahun, BI membuat perubahan pada fisik uang terutama uang kertas. ’

“Perubahan itu sangat detail untuk keamanan. Jadi, tingkat kesulitannya ditambah biar makin sulit ditiru,” lanjutnya sebagaimana dilansir JPNN.

No comments:

Kirim Komentar Anda:

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

Powered by Blogger.