Booking.com
Breaking News
recent

Aneh bin Ajaib, Klenteng She Hin Kiong Tiba-tiba Ambruk!

BeritaIndependent.Com | Suatu fenomena alam terjadi di kota Padang. Tak ada angin, tak ada hujan, bangunan Klenteng lama She Hin Kiong yang terletak di Jalan Kelenteng, Kelurahan Kampung Pondok, Kecamatan Padang Barat, Kota Padang, pada Sabtu (25/6) ambruk.

Insiden ini nyaris membuat seluruh bagian dalam bangunan Klenteng runtuh berserakan menjadi puing - puing.

Dalam sejarahnya, bangunan Kelenteng See Hin Kiong lama ini diprakarsai dan didirikan oleh Kapten Lie Goan Hoat dan Letnan Lie Soen Mo Serta Letnan Lie Lian It pada 1893 dan selesai dibangun pada 1897.

Klenteng lama See Hin Kiong ini, juga merupakan salah satu bangunan cagar budaya kelas A di Kota Padang, Sumatera Barat. Namun,  karena gempa empat tahun lalu pada 30 september 2009, bangunan klenteng sebagian hancur.

Para tuako dan warga Tionghoa, sepakat mendirikan Klenteng See Hin Kiong baru pada Desember 2010 yang berlokasi tepat berada di seberang jalan kelenteng lama. Maka,  kini bangunan Klenteng See Hin Kiong lama dijadikan sebagai museum

Terkait insiden ini, salah seorang penggurus Klenteng See Hin Kiong yang tak ingin disebutkan namanya,  membenarkan peristiwa ambruknya Klenteng lama.

"Hal ini, sudah kami sampaikan ke anggota DPRD Provinsi Sumbar Albert Indra Lukman yang akan mengurusnya," katanya.

Editor : Lexy Utar
Sumber : Harian Haluan

No comments:

Kirim Komentar Anda:

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

Powered by Blogger.